Posted on

Cara Fotocopy KTP Banyak dalam Satu Lembar

Kebutuhan fotokopi KTP yang tinggi mau tidak mau membuat orang harus memiliki cadangan duplikatnya. Sebagai operator mesin fotokopi, Anda dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan cara fotocopy KTP banyak dalam satu lembar kertas HVS. Langkah-langkah pun tidak rumit, cukup lakukan beberapa pengaturan dan Anda akan mendapatkan selembar kertas penuh fotokopi KTP.

Pilihan ini lebih menguntungkan karena Anda dapat menghindari kertas yang mubazir lantaran hasil fotokopinya menyisakan banyak ruang kosong di HVS. Alhasil, pasokan kertas HVS pun lebih hemat dan biayanya pun dapat dikontrol. Pelanggan tetap mendapatkan harga fotokopi yang sama dengan jumlah yang lebih banyak.

Bagaimana Cara Fotocopy KTP Banyak dalam Selembar Kertas agar Hemat Biaya?

Perlu dipahami, langkah ini tidak terbatas untuk fotokopi KTP, tapi jenis kartu lainnya pula. Anda dapat memfotokopi SIM, kartu BPJS, NPWP, kartu pelajar, pasfoto, bahkan STNK dalam jumlah banyak menggunakan tips di artikel ini. Selain menghasilkan dalam jumlah banyak, mesin fotokopi mampu mengeluarkan hasil cetakan bolak-balik dari dokumen tersebut.

Mesin fotokopi digital yang tersedia di pasaran saat ini memiliki fitur image repeater sehingga proses duplikasi KTP dapat dilakukan dalam jumlah banyak, apalagi dilakukan bolak-balik. Anda cukup menaruh dokumennya sekali di atas kaca dan mesin fotokopi mengeluarkan sejumlah hasil copy dokumen dalam selembar kertas. 

Teknologi tersebut belum tentu hadir dalam mesin fotokopi analog, sehingga orang harus menaruh dokumen di mesinnya berkali-kali untuk mendapatkan hasil penggandaan yang banyak.

Bagaimana cara melakukan fotokopi KTP atau dokumen lainnya dalam jumlah banyak hanya di selembar kertas HVS? Ikuti panduan selengkapnya di bawah ini.

1. Posisikan Dokumen dengan Tepat

Kunci utama hasil fotokopi bisa banyak dan rapi adalah posisi dokumen di atas permukaan kaca scanner-nya. Jangan sembarangan menaruh kartu di tengah-tengah kaca scanner karena hasil fotokopinya pun akan berada di tengah kertas.

Posisi dokumen yang tepat adalah berada di sebelah kiri atas area scanner. Jangan letakkan KTP terlalu mepet pada pembatas luar area scanner supaya hasilnya tidak terpotong.

2. Lakukan Pengaturan Fotokopi

Agar mesin fotokopi dapat menduplikasi dalam jumlah banyak, Anda harus mengaktifkan fitur ‘Image Repeat’. Pada mesin fotocopy Canon, pilihan ini terletak di menu ‘Special Features’. Pilih menu tersebut di layar monitor sebelah tombolnya, kemudian klik ‘Image Repeat’.

Baca Juga: Panduan Dasar 7 Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy yang Lengkap

3. Masukkan Jumlah Hasil Fotokopi

Pada monitor, muncul pilihan memasukkan jumlah hasil fotokopi yang dilambangkan dengan huruf X dan Y. X adalah jumlah hasil fotokopi yang dicetak secara mendatar atau ke samping, sedangkan Y adalah jumlah cetakan secara menurun (ke bawah). Banyaknya jumlah foto sebaiknya disesuaikan pada ukuran kertas output-nya.

Misalnya, Anda mau membuat delapan hasil fotokopi, masukkan X=2, Y=4. Jumlah tersebut sudah maksimal untuk kertas fotokopi A4 agar hasilnya tidak terlalu kecil atau terpotong. Jika sudah memasukkan angkanya, silakan tekan tombol OK.

4. Aktifkan Cetak Bolak-Balik

Opsi cetak bolak-balik dapat diabaikan apabila pelanggan ingin mencetak sisi identitas KTP saja. Namun, mayoritas birokrasi mengharuskan KTP atau dokumen berharga lainnya difotokopi bolak-balik. Untuk mengaktifkannya, klik ‘Two-Sided’ pada layar monitor, kemudian pilih 2-2 Sided. Klik OK.

5. Pilih Ukuran Kertas

Sebagai informasi, satu mesin fotokopi dapat memuat beragam ukuran kertas yang tersedia, seperti A4, A3, atau F4. Pastikan ukuran kertas output-nya agar mesin fotokopi tidak mencetak hasil duplikasi KTP Anda pada ukuran yang salah. Caranya, klik ‘Paper Select’, kemudian pilih kertas yang akan digunakan sesuai kebutuhan pelanggan Anda.

Baca Juga: Cara Setting Kertas F4 Di Mesin Fotocopy dan Beragam Ukuran Kertas Lainnya

6. Atur Kontras Hasil Fotokopi

Langkah ini sebaiknya dilakukan agar hasil fotokopi tidak terlalu terang atau gelap. Pada layar monitor, pilih ‘Text/Photo’, kemudian atur kontrasnya dengan cara ditambahkan atau dikurangi.

7. Mulai Proses Fotokopi

Tutup ADF atau kap mesin fotokopi terlebih dulu agar tidak merusak hasil fotokopinya. Klik tombol ‘START’ dan mesin fotokopi mengeluarkan cahaya sebagai tanda proses scanning sedang berlangsung.

Setelah cahayanya hilang, buka ADF-nya, kemudian balikkan KTP searah jarum jam agar hasil fotokopinya tidak terbalik. Tempatkan KTP pada posisi sebelumnya, tapi beri jarak 1 cm dari sisi kiri.

Tekan lagi tombol ‘START’ dan proses scanning bagian KTP satu lagi pun dimulai. Klik ‘DONE’ dan tunggu hingga hasil fotokopinya keluar.

Proses fotokopi selesai dan Anda akan mendapatkan hasil duplikasi sesuai ekspektasi. Jika jumlahnya kurang, Anda bisa memfotokopi lagi hasilnya dengan cara fotokopi biasa, yakni memasukkan jumlah kertas yang ingin dikeluarkan dari mesin fotokopi tersebut. Atur kontrasnya agar hasil fotokopinya tidak terlalu gelap.

Gunakan pemotong kertas untuk memotong semua hasil duplikasi tersebut agar rapi. Menggunakan pemotong kertas jauh lebih efektif dan cepat daripada gunting, jadi tidak ada salahnya menyediakan alat ini di bisnis fotokopian Anda. Hasil potongan yang didapatkan pun semakin rapi dan presisi.

Hasil fotokopi lebih sempurna hanya dengan mesin fotokopi merek Canon. Anda bisa mendapatkannya di CV. Citra Kencana Abadi, supplier mesin fotokopi Canon terbesar di Indonesia. Kami menyediakan mesin fotokopi Canon terbaru dengan beragam model dan spesifikasi untuk kebutuhan bisnis atau perkantoran Anda. Dapatkan harga diskon pembelian mesin fotokopi Canon hanya dengan mengunjungi website CV.Citra Kencana Abadi.

Cara fotocopy KTP banyak di atas memang tidak rumit dilakukan. Agar prosesnya semakin cepat, praktekkan tips di atas setiap harinya sampai Anda menghafalnya. Pelanggan pun tidak perlu menunggu terlalu lama dan sikap profesional bisnis Anda pun semakin terjamin jika tips di atas dilakukan dengan lancar.