Posted on

Panduan Dasar 7 Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy yang Lengkap

Mesin fotokopi bukan barang untuk keperluan sehari-hari, jadi banyak orang yang kurang familiar dalam pengoperasiannya. Saat berhadapan dengan mesin ini, Anda pasti merasa kesulitan untuk menjalankannya. Kesulitan tersebut dapat dihilangkan setelah Anda memahami panduan dan cara mengoperasikan mesin fotocopy di artikel ini.

Mesin fotokopi tidaklah sekadar barang wajib bagi pengusaha atau operator bisnis percetakan atau printing. Perusahaan besar membutuhkan mesin fotokopi di kantornya supaya karyawannya tidak perlu keluar-masuk kantor hanya untuk memperbanyak dokumen. Apapun kebutuhannya, pahami dulu panduan menjalankan mesin fotocopy sebelum membeli dan menggunakan mesinnya.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Menggunakan Mesin Fotokopi?

Setiap mesin fotokopi sudah pasti terdapat buku panduan atau manual book di dalamnya. Sebagai pengguna cerdas, Anda wajib mempelajari buku panduan tersebut sebelum mengoperasikan mesin fotokopi. Buku panduan membahas pula langkah perawatan mesin fotokopi agar terhindar dari potensi kerusakan serius.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Error

Mesin fotokopi mempunyai banyak tombol sesuai fungsinya masing-masing. Tombol tersebut dilengkapi monitor sebagai alat bantu pengaturan mesinnya. Sebelum mengoperasikan fotokopi, pahamilah beberapa tombol penting serta fungsinya di bawah ini.

  1. ON/OFF: untuk menyalakan dan mematikan mesin fotokopi.
  2. Angka 1-9: memasukkan jumlah kertas yang ingin difotokopi dan pengaturan lainnya, seperti ukuran kertas.
  3. Check Counter: memberikan informasi berupa jumlah kertas yang keluar dari mesin fotokopi.
  4. Paper Select: mengatur ukuran output kertas dari mesin fotokopi.
  5. OPTION: layaknya menu ‘Settings’ di HP, tombol ini berguna untuk mengatur fungsi atau berbagai fitur mesin fotokopi.
  6. CLEAR: untuk kembali ke tampilan awal serta menghapus file dan program yang tidak dibutuhkan.
  7. RESET: mengembalikan pengaturan mesin fotokopi ke setting awal atau default.
  8. STOP: menghentikan seluruh proses fotokopi.

Bagaimana Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy dengan Mudah?

Anda sudah memahami semua tombol pada mesin fotokopi di atas? Sekarang saatnya belajar menjalankan mesin fotokopi agar proses duplikasi dokumen berjalan lancar pada masa depan.

Ikuti langkah-langkah pengoperasian mesin fotokopi di bawah ini sebagai panduan Anda.

1. Nyalakan Mesin Fotokopi

Sebagai informasi, mesin fotokopi memerlukan daya listrik yang cukup besar. Arus listrik yang mengalir dari power supply bersifat searah (DC) dan membentuk beberapa line output. Jadi, hindari gangguan atau pada area power supply yang memengaruhi penyalaan mesin fotokopi.

Tekan tombol ON untuk menghidupkan mesin fotokopi setelah semua arus listrik aman. Monitor di sebelah deretan tombol akan hidup, menandakan mesin siap digunakan untuk fotokopi dokumen.

2. Masukkan Kertas ke Rak Mesin Fotokopi

Jangan lupa masukkan kertas pada raknya sesuai ukuran kertas yang tersedia. Ya, satu mesin fotokopi dapat diisi berbagai jenis ukuran kertas, seperti A4, A3, dan F4. Itulah mengapa ada tombol ‘Paper Select’, tujuannya untuk mengatur ukuran kertas target fotokopinya.

Baca Juga: Kisaran Harga Rak Mesin Fotocopy Terbaik

3. Letakkan Dokumen pada Mesin Fotokopi

Buka kap mesin fotokipi, kemudian letakkan dokumen atau media yang akan difotokopi, seperti kartu, buku, atau kertas biasa di atas kacanya. Sesuaikan posisinya dengan teliti sehingga hasil fotokopinya rapi.

Kunci agar hasil fotokopi rapi dan tidak terpotong adalah masing-masing tepi dokumennya pas berada di bagian tengah. Tutup kap mesinnya apabila posisinya sudah pas.

4. Atur Ukuran Kertasnya

Sekilas dijelaskan bahwa satu mesin fotokopi menyimpan ukuran kertas yang beragam di dalamnya. Jangan lupa mengatur ukuran kertas hasil fotokopi menggunakan tombol ‘Paper Select’ sesuai kebutuhan. Tentukan pula orientasi pencetakannya, apakah potrait atau landscape.

Baca Juga: Cara Setting Kertas di Mesin Fotocopy

Meski mampu menyimpan variasi ukuran kertas, tidak semua ukurannya dapat digunakan untuk fotokopi. Anda harus mencari tahu informasi jenis dan ukuran kertas yang bisa dimanfaatkan untuk fotokopi agar tidak salah pilih.

5. Tentukan Jumlah Kopian

Masukkan jumlah output dokumen yang ingin difotokopi. Contohnya, Anda ingin mencetak 100 lembar, cukup tekan angka 1, kemudian 0 sebanyak dua kali. Agar prosesnya tidak macet, pastikan jumlah kertas dalam rak fotokopi sudah mencukupi.

6. Mulai Proses Fotokopi

Tekan tombol START untuk memulai proses fotokopi. Tunggu beberapa saat hingga mesin mengeluarkan kertas hasil duplikasi.

Beginilah penjelasan cara kerja mesin fotokopi. Saat tombol START ditekan, muncul sinar yang melintasi dokumen atau media di atas kaca mesin fotokopi. Proses ini disebut scanning, di mana warna dasar kertas memantulkan cahaya yang lebih banyak dan mesin fotokopi berhasil menyorot dokumen yang ingin diduplikasi.

7. Matikan Mesin Fotokopi

Setelah proses fotokopi selesai, matikan mesinnya dengan tombol OFF. Tujuannya sederhana, yakni menghemat daya listrik yang mengalir ke mesinnya.

Selamat, Anda sudah berhasil mempraktekkan panduan dasar menjalankan mesin fotokopi. Apabila hasil fotokopi masih terpotong atau tidak rata, Anda cukup belajar cara meletakkan dokumen agar posisinya pas di tengah kaca mesinnya. 

Pertanyaannya, bagaimana jika ingin melakukan pengaturan kompleks, seperti fotokopi bolak-balik atau memperbanyak dokumen dalam satu halaman? Anda dapat mempelajarinya lebih lanjut hanya lewat berbagai artikel di website ini.

Saat membeli mesin fotokopi, Anda perlu memilih toko tepercaya yang menyediakan produk berkualitas. Salah satunya CV. Citra Kencana Abadi, distributor resmi mesin fotokopi Canon tepercaya dan sudah berkiprah lebih dari 16 tahun. Kualitas mesin fotokopi yang tersedia tidak diragukan lagi, baik mesin baru maupun rekondisi. Kami menawarkan pengiriman cepat ke seluruh Indonesia. Dapatkan produk mesin fotokopi terbaik untuk bisnis atau kantor Anda hanya dengan menghubungi tim kami.

Setelah produknya sampai di tangan Anda, jangan lupa untuk mempraktekkan cara mengoperasikan mesin fotocopy di atas. Rawatlah selalu mesin fotokopi sesuai panduan yang tersedia di manual book.