Posted on

Cara Setting Kertas F4 Di Mesin Fotocopy dan Beragam Ukuran Kertas Lainnya

Memahami setting atau pengaturan kertas pada mesin fotocopy adalah hal yang sangatlah penting. Hal ini akan bisa memengaruhi hasil cetakan dan kemudahan proses penggandaan dokumen. Tentu saja Anda tidak ingin jika kertas yang digunakan ternyata tidak punya ruang yang cukup untuk memuat informasi yang ingin di-fotocopy. Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda harus tahu bagaimana cara untuk melakukan pengaturan ukuran kertas. Terutama cara setting kertas F4 di mesin fotocopy yang cukup tricky. Mari kita mengenal cara-caranya melalui informasi di bawah ini.

Bagaimana Cara Setting Kertas F4 Dengan Benar di Mesin Fotocopy?

F4 merupakan kertas folio yang memiliki ukuran dalam satuan milimeter sebesar 210 mm x 330 mm. Dalam satuan centimeter, kertas F4 memiliki ukuran 21 cm x 33 cm. Kemudian dalam satuan inci, kertas F4 berukuran 8,27 inci x 13 inci.

Ukuran yang lebih besar daripada kertas yang umum kita lihat akan memberikan lebih banyak space/ruang yang bisa digunakan untuk memuat konten tulisan atau gambar, sehingga sangat cocok digunakan sebagai media untuk sebuah dokumen yang berisi tulisan. Penggunaan kertas ini hanya populer di beberapa negara, salah satunya Indonesia. Kita biasa melihatnya digunakan untuk formulir atau dokumen penting.

Tidak heran jika akan ada banyak orang yang ingin menggandakan dokumen mereka yang berukuran F4. Namun, masalahnya ukuran kertas A4 lebih umum digunakan. Inilah yang membuat berbagai macam mesin fotocopy menggunakan settingan dasar untuk ukuran kertas A4.

Bagi Anda yang paham cara menggunakan mesin ini tentu tidak akan merasa kesulitan jika harus mengganti pengaturannya. Namun bagi orang awam hal ini bisa sangat membingungkan. Untuk memudahkan Anda jika harus melakukan pengaturan dalam menggandakan dokumen menggunakan kertas F4, maka informasi di bawah ini akan bisa membantu Anda, terutama untuk pengguna mesin fotocopy Canon.

  1. Sambungkan mesin fotocopy dengan sumber listrik yang mencukupi. Kemudian nyalakan mesin fotocopy hingga masuk dalam mode stand by
  2. Setelah mesin fotocopy menyala, segera akses menu ‘Service Mode’. Untuk bisa masuk ke menu ini, Anda cukup menekan kode *28* pada tombol angka tersebut. 
  3. Kemudian, Anda akan masuk ke dalam sebuah menu. Pilihal menu ‘Mode List’.
  4. Kemudian pilih menu ‘Coppier’ pada bagian pojok kanan bawah.
  5. Pilihan selanjutnya adalah menu ‘Option’ dan lanjutkan dengan memilih ‘CST’.
  6. Jika mesin fotocopy memiliki kaset kertas yang berbeda, maka akan muncul pilihan:
    • P-SZ-C1 = 6 ini adalah setting untuk kaset no 1
    • P-SZ-C2 = 6 ini adalah setting untuk kaset no 2
    • P-SZ-C4 = 4  ini adalah setting untuk kaset no 4
  7. Jika hanya ada satu kaset kertas, maka menu yang selanjutnya muncul adalah ‘CST3-UI’.
  8. Pilihlah ‘CST3-UI’ dan gantilah nilainya menjadi 24. Untuk kaset yang lebih dari satu, maka Anda bisa memilih ‘P-SZ-C4’ dan ubah juga nilainya menjadi 24.
  9. Setelah itu tekan OK dan nyalakan kembali mesin fotocopy.

Angka 24 di atas merupakan kode yang dipahami oleh mesin untuk bisa mengatur ukuran kertas. Secara lengkapnya, kode yang bisa digunakan untuk mengatur ukuran kertas lainnya adalah:

  • A4 = 6
  • A3 = 4
  • F4/Folio = 24
  • A4R   = 5
  • B5 = 15
  • LTR = 18

Baca Juga: Cara Setting Kertas di Mesin Fotocopy

Bagaimana Cara Mengatur Ukuran Kertas Lainnya di Mesin Fotocopy?

Jika Anda menginginkan untuk menggunakan ukuran kertas yang lain pada mesin fotocopy maka langkah yang dilakukan tidak akan berbeda. Ulangi langkah pada poin sebelumnya, kemudian ganti nilainya dengan kode ukuran kertas yang diinginkan seperti yang tertera di atas.

Beberapa mesin fotocopy modern akan memudahkan Anda dalam proses pemilihan ukuran kertas. Melalui menu yang lebih intuitif dan mudah digunakan, Anda bisa memilih ukuran kertas yang akan digunakan.

Apa Saja Berbagai Macam Ukuran Kertas yang Bisa Anda Gunakan?

Dalam urusan penggandaan dokumen, ada berbagai macam ukuran kertas yang bisa digunakan. Mesin fotocopy dapat menangani berbagai macam ukuran kertas, mulai dari B5 yang kecil hingga ukuran A3 yang cukup besar. Secara lengkap nya, mesin fotocopy dapat memuat ukuran kertas seperti di bawah ini:

1. Kertas HVS B5

Kertas ini berukuran 18,2 x 25,7 cm sehingga berguna dalam mencetak buku bacaan maupun buku catatan.

2. Kertas HVS A4

Ini adalah ukuran paling umum yang banyak digunakan untuk mencetak dokumen. Dengan lebar 21 cm dan panjang 29,7 cm, kertas A4 juga menjadi standar internasional yang dipakai di berbagai belahan dunia. Tidak heran jika kita biasa menjumpai kertas ini untuk format yang paling umum

3. Kertas HVS kuarto (Q4)

Kertas ini sering dikenal sebagai ukuran letter. Ukurannya adalah 21,6 x 27,9 cm. Lebar kertas ini sedikit lebih panjang daripada ukuran A4.

4. Kertas HVS F4

Kertas ini juga sering disebut sebagai kertas folio atau foolscap paper di Inggris. Berukuran 21,6 x 33 cm, F4 adalah kertas yang masih sering digunakan di Indonesia.

5. Kertas HVS A3

Berukuran 29,7 x 42 cm, kertas ini sering digunakan untuk keperluan fotocopy dokumen dengan ukuran yang lebih besar. Di Indonesia, ukuran kertas ini biasa juga dikenal dengan sebutan “kertas buku gambar.”

Itulah cara mengatur ukuran kertas F4 di mesin fotocopy. Semoga informasi ini bisa membantu Anda. Jika Anda sedang mencari mesin fotocopy untuk kantor ataupun usaha fotocopy, maka CV. Citra Kencana Abadi adalah salah satu distributor resmi mesin fotocopy Canon tepercaya yang bisa membantu Anda. Temukan informasi mengenai produk dan hal menarik lainnya di website kami. Tunggu apalagi, cek sekarang juga!