Posted on

3 Cara Fotocopy Bolak Balik dengan Mudah

Fotocopy bolak-balik merupakan salah satu permintaan paling umum yang diinginkan pelanggan. Selain menghemat kertas, hal ini juga mempermudah dalam membaca informasi karena tidak berceceran ke berbagai halaman yang banyak. Cukup dengan satu kertas, akan ada banyak informasi yang bisa dimuat. Sekolah, kantor, bahkan beberapa tempat usaha akan menginginkan dokumen mereka dalam format ini. Lantas bagaimana cara fotocopy bolak-balik yang mudah untuk dipraktikkan? Temukan jawabannya hanya di sini.

Bagaimana Cara Fotocopy Bolak Balik Dokumen Anda Dengan Mudah?

Format seperti ini sangat sering dijumpai ketika kita harus menyerahkan dokumen penting untuk proses pemerintahan. Mulai dari KTP, STNK, hingga SIM. Soal ujian di sekolah dan dokumen kantor juga banyak yang akan memerlukan format bolak-balik. Bagi Anda yang menjalankan usaha fotocopy, maka hal ini setidaknya bukanlah proses yang sulit. Namun ketika orang awam harus melakukan hal ini, maka mereka akan bisa kebingungan.

Baca Juga: Panduan Dasar 7 Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy yang Lengkap

Untuk mencegah agar tidak salah ketika harus melakukan fotocopy bolak-balik, maka berikut ini adalah cara yang bisa Anda praktikkan. Dengan mengikuti panduan yang ada, maka proses ini bukanlah yang sulit lagi. Mari kita perhatikan secara saksama.

1. Dokumen Vertikal

Cara fotocopy bolak-balik yang pertama akan bisa Anda gunakan untuk menggandakan satu dokumen seperti KTP, SIM, atau STNK. Panduannya bisa Anda lihat di bawah ini:

  1. Letakkan dokumen yang akan digandakan di atas kaca mesin fotokopi dengan posisi vertikal. Kemudian tutup bagian atas penutup mesin fotocopy.
  2. Pastikan ADF sudah terisi dengan kertas.
  3. Lalu, klik menu Two Sided pada layar.
  4. Lanjutkan dengan memilih 2-2 Sided.
  5. Klik OK.
  6. Kemudian klik Start.
  7. Tunggu beberapa saat hingga tulisan keluar.
  8. Setelah itu Anda harus membalik kertas pada kaca mesin fotocopy. Lakukan searah dengan jarum jam untuk menghindari hasil di sisi kedua tidak terbalik.
  9. Klik Start lagi dan klik OK.
  10. Proses fotocopy bolak-balik sudah selesai.

2. Dokumen Horizontal

Cara kedua, akan Anda gunakan ketika harus menggandakan dokumen berbentuk horizontal secara bolak-balik. Langkahnya seperti berikut ini:

  1. Letakkan dokumen yang akan digandakan di atas kaca mesin fotokopi dengan posisi horizontal. Kemudian tutup penutup mesin fotocopy.
  2. Kembali pastikan ADF sudah terisi dengan kertas.
  3. Klik menu Two Sided, lalu lanjutkan dengan klik 2-2 Sided.
  4. Jika sudah, klik OK dan teruskan dengan klik Start.
  5. Tunggu sampai kertas keluar.
  6. Kembali balik kertas searah dengan jarum jam agar hasil di sisi kedua kertas tidak terbalik.
  7. Klik Start dan klik OK lagi.

3. Fotocopy Bolak Balik Berganda

Salah satu format dokumen bolak-balik yang diminta adalah bolak-balik berganda. Hal yang dimaksud adalah ketika dalam satu kertas, ada lebih dari satu hasil fotokopi bolak-balik. Jadi, pada kertas ukuran A4, hasil fotokopi berganda ini adalah delapan sampai sepuluh KTP bolak-balik. Untuk bisa melakukannya, berikut cara fotocopy bolak-balik berganda:

  1. Letakkan dokumen yang akan digandakan di sebelah kiri atas kaca mesin fotocopy.
  2. Pilih ukuran kertas A4 dan klik menu Two Sided Mode.
  3. Pastikan ADF sudah terisi kertas.
  4. Kemudian klik 1-2 Sided.
  5. Setelah itu, Anda harus menekan Image Repeat, maka akan muncul pilihan kolom Y (vertikal) dan X (horizontal). Untuk sepuluh hasil fotokopi dokumen, maka pada kolom Y isikan angka lima dan pada kolom X isikan angka dua. 
  6. Tutup penutup mesin fotocopy dan klik Start.
  7. Pada dialog pilihan kertas Anda hanya perlu menekan Start sekali lagi.
  8. Balik searah dengan jarum jam, lalu tekan Start lagi.
  9. Jika sudah selesai, klik Done.

Rekomendasi Mesin Fotocopy untuk Menggandakan Dokumen Anda

Bagi pemilik usaha fotocopy atau bagi Anda yang memiliki kantor dan membutuhkan mesin fotocopy yang mumpuni dalam menggandakan dokumen termasuk format bolak-balik, maka tipe berikut ini akan sangatlah cocok.

Canon iR 2006N DADF adalah salah satu mesin yang kaya akan beragam fitur menarik yang sangat membantu efisiensi Anda. Beberapa di antaranya adalah:

  • Dilengkapi teknologi DADF dan DUPLEX
  • Terkoneksi dengan LAN
  • Dapat melakukan pencetakan dari Google Cloud Print, smartphone, hingga USB
  • Kapasitas drum dan toner yang mumpuni
  • Scan hitam-putih dan warna
  • Resolusi cetak dan copy 600 x 600 dpi
  • Resolusi scan B/W 600 x 600 dpi dan warna 300 x 600 dpi
  • Dapat memuat kertas berbagai ukuran seperti A3, B4, A4R, A4, B5, B5R, A5R, India-LGL, FOOLSCAP

Cara fotocopy bolak-balik adalah sesuatu yang sebenarnya tidak sulit untuk dipelajari. Melalui cara di atas, Anda akan bisa menguasai trik yang satu ini. Selanjutnya Anda tidak perlu bingung ketika harus menggunakan format ini dalam menggandakan dokumen yang dibutuhkan.

Dengan berbagai macam fitur di atas, maka Anda tidak akan rugi jika menggunakan mesin ini untuk kegiatan penggandaan dokumen Anda. Produk Canon ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di CV. Citra Kencana Abadi sebagai distributor resmi mesin fotocopy Canon tepercaya. Temukan juga beragam tipe lainnya yang mungkin cocok dengan kebutuhan Anda.

Semoga informasi yang disampaikan di atas bisa membantu Anda. Jika masih penasaran dengan beragam mesin fotocopy berkualitas yang ada di CV. Citra Kencana Abadi, maka Anda bisa mengunjungi website nya secara langsung. Temukan mesin fotocopy baru ataupun rekondisi. Tidak ketinggalan juga berbagai macam sparepart berkualitas untuk mesin Anda.

Jadi tunggu apalagi? Segera kunjungi website kami dan temukan beragam penawaran menarik khusus untuk Anda, atau hubungi CS kami secara langsung di sini.