CONNECT HP

Cara Setting Kertas di Mesin Fotocopy

Mesin fotocopy dan printer menjadi semakin canggih, dan sekarang dapat mencetak pada berbagai jenis kertas dengan ukuran, ketebalan, dan lapisan yang bervariasi dam penggunanya perlu tau tentang Cara Setting Kertas di Mesin Fotocopy .

Hal ini memungkinkan bisnis menjadikannya perangkat kantor untuk menghasilkan berbagai macam dokumen seperti poster dan selebaran, daripada mengandalkan outsourcing ke percetakan komersial.

Namun dalam menggunakan printer atau mesin fotocopy, sangat penting bagi pengguna untuk memberi tahu printer atau mesin fotocopy tentang ukuran dan ketebalan kertas yang akan digunakan untuk mencetak.

Jika tidak, hasil cetak kemungkinan akan berkualitas buruk atau menyebabkan kertas macet.

Adapun kualitas pekerjaan cetak yang buruk biasanya disebabkan oleh rendahnya toner atau penyelarasan yang tidak tepat, namun salah satu penyebab paling umum dari hasil cetak yang buruk atau kertas macet adalah tidak memberi tahu perangkat tentang ketebalan kertas yang Anda gunakan.

Nah, bagi Anda yang bingung mengenai bagaimana cara setting kertas di mesin fotocopy, berikut ini Kami berikan ulasannya.

Cara Memuat Kertas dengan Benar di Mesin Fotocopy

Cara Memuat Kertas di Mesin Fotocopy
Memuat Kertas dengan Benar di Mesin Fotocopy

Memasukkan kertas ke mesin fotocopy dengan tidak benar akan mengakibatkan kemacetan kertas dan pemborosan, baik kertas maupun tinta.

Pemuatan kertas yang tidak benar juga dapat menyebabkan kertas menggulung pada ujungnya saat keluar dari mesin fotokopi.

Kemacetan kertas berulang membuang waktu dan sumber daya, dan kertas yang tergulung tidak rapi — Anda mungkin harus mencetak ulang dokumen jika itu adalah presentasi bisnis, proposal, atau dokumen yang harus sempurna sebelum dikirim ke klien.

Ada cara yang tepat untuk memuat kertas ke mesin fotocopy kantor Anda.

  1. Buka laci kertas mesin fotocopy Anda dan sesuaikan pemandu laci ke arah luar untuk mengakomodasi rim kertas yang ingin Anda muat.
  2. Temukan label pada kemasan kertas serta cari panah yang mengarah ke atas di dekat atau pada label dan tulisan “Copy this side first.” Buka rim kertas dan kipas kertas untuk menghilangkan listrik statis dari kertas.
  3. Tempelkan kertas di laci kertas mesin fotocopy Anda, sehingga sisi dengan tulisan “Copy this side first” menghadap ke atas. Jangan mengisi laci dengan kertas di atas garis isian di sisi dalam laci! Jika kertas tidak memiliki kemasan atau label, pegang rim kertas dengan tangan Anda di bawah bagian tengah kertas dan lihat apakah ujung kertas jatuh atau melengkung ke bawah. Sekarang, balikkan rim dan letakkan tangan Anda di bawah bagian tengah kertas dan lihat apakah ujungnya jatuh ke bawah. Temukan sisi dengan kurva terbesar dan kemudian letakkan rim di baki kertas mesin fotokopi Anda setelah mengipasi kertas untuk menghilangkan listrik statis.
  4. Sesuaikan pemandu laci ke dalam hingga pemandu menempel pada rim kertas. Namun, jangan mendorong pemandu terlalu jauh dan mengikat kertas! Tutup laci kertas secara perlahan agar kertas tidak bergeser.

Apa itu Berat Kertas dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

 Cara Mengukur Berat Kertas
Cara Mengukur Berat Kertas

Berat kertas diukur dalam ‘gram per meter persegi’ atau gsm. Semakin tinggi gsm semakin berat ketebalan kertasnya.

  • 35gsm hingga 55gsm: Ini adalah kertas yang sangat tipis – biasanya digunakan untuk koran.
  • 90gsm hingga 100gsm: Ini adalah ketebalan kertas kantor standar yang biasanya terdiri dari 500 lembar.
  • 120gsm hingga 170gsm: ketebalan ini digunakan untuk mencetak dokumen seperti kop surat, slip, serta selebaran dan poster dengan anggaran rendah.
  • 200gsm hingga 300gsm: Ketebalan ini mendekati kartu dan akan paling cocok untuk memproduksi sampul majalah atau buklet dan pamflet promosi yang harus sedikit lebih kokoh dan kualitasnya lebih baik dari biasanya.
  • 350gsm hingga 400gsm: Ini pada dasarnya adalah kartu, dan dapat digunakan untuk kartu nama, undangan berkualitas tinggi, serta pembagi dan sampul dokumen.

Untuk mengoptimalkan kualitas cetak untuk berbagai macam ketebalan kertas yang tersedia di pasaran, mesin fotocopy memvariasikan kecepatan proses pencetakan dan menyesuaikan suhu fuser untuk menampung kertas.

Baca Juga : Harga mesin fotocopy

Apa itu Fuser

Fuser-Film-Sleeve
Fuser Fotocopy

Fuser adalah bagian dari printer yang mengikat toner ke kertas. Ini menggunakan suhu dan tekanan tinggi untuk melelehkan toner dan ‘menyatukannya’ ke kertas. Semakin tebal kertas, semakin tinggi suhu fuser yang dibutuhkan sehingga kecepatan proses pencetakan juga perlu diperlambat.

Jika suhu fuser terlalu rendah, toner tidak akan menyatu dengan kertas, dan kemungkinan akan meninggalkan bintik toner pada hasil cetakan, yang dapat mencoreng dan merusak pekerjaan cetak.

Jika suhu terlalu tinggi, dapat menyebabkan kertas menggulung atau bahkan terbakar.

Baca Juga : Paket Usaha Fotocopy

Cara Mengubah Ketebalan Kertas pada Mesin Fotocopy Anda

Cara Mengubah Ketebalan Kertas
Cara Mengubah Ketebalan Kertas di Mesin Fotocopy

Pengguna perlu memberi tahu driver printer di komputer mereka dan mesin fotocopy itu sendiri, bahwa mereka akan menggunakan kertas yang lebih tebal.

Pada layar sentuh printer, temukan ikon ‘Pengaturan Laci’ dan di sini Anda akan mendapatkan diagram mesin Anda, menunjukkan jumlah laci dan apa yang saat ini dipilih masing-masing untuk digunakan untuk pengaturan berat/jenis kertas.

Di bawah ini adalah panduan praktis untuk mengatur berat kertas.

  • Polos – adalah kertas kantor standar dari 60 gsm hingga 105 gsm
  • Kertas Daur Ulang – kertas khusus daur ulang dari 60gsm hingga 105gsm
  • Warna – kertas berwarna dari 60gsm hingga 105gsm
  • Kop surat – adalah kop surat pracetak secara lyto grafis dari 60 gsm hingga 105 gsm
  • Pracetak – adalah kertas pra-cetak litografi dari 60gsm hingga 105gsm
  • Pre-Punched – adalah kertas yang memiliki lubang punch sebelumnya 60gsm hingga 105 gsm
  • Berat 1 – adalah kertas dari 106gsm hingga 220gsm
  • Berat 2 – adalah kertas dari 221gsm hingga 256gsm
  • Berat 3 – adalah kertas dari 257gsm hingga 300gsm

Jika Anda mencetak di kertas di atas 200gsm, sebaiknya gunakan laci pintas daripada laci kertas, karena kertas melewati rute paling lurus melalui printer, yang akan mengurangi risiko kemacetan kertas, karena kertas tebal kurang fleksibel dibandingkan kertas tipis.

Itulah cara setting kertas di mesin fotocopy. Bagi Anda yang sedang mencari mesin fotocopy untuk berbagai kebutuhan, maka Anda dapat memperolehnya melalui CV. Citra Kencana Abadi.

CV. Citra Kencana Abadi sebagai distributor Mesin Fotocopy dengan merk Canon, baik baru maupun rekondisi (mesin fotocopy dari luar negeri).

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, bisa Anda peroleh dengan mengakses website official CV. Citra Kencana Abadi di https://citrakencanaabadi.co.id/.