cara menggunakan mesin fotocopy

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy Simple dan Jelas

Mungkin ada diantara Kalian yang seringkali pergi untuk mem-fotocopy dan tidak tau cara menggunakan mesin fotocopy untuk berbagai tugas Anda atau dokumen penting untuk diperbanyak demi kebutuhan tertentu.

Namun, sebenarnya apakah Anda pernah berpikir saat berada di toko fotocopy bagaimana cara menggunakan mesin fotocopy.

Bagaimana mekanismenya sehingga hanya dengan taruh, tutup, klik, lalu hasilnya bisa sama persis tapi hanya dalam bentuk warna hitam putih saja.

Kali ini, mungkin akan sangat bermanfaat jika kita membahas cara menggunakan mesin fotocopy dengan baik dan benar.

Sepertinya menarik jika mungkin saja Anda bekerja di kantor dan tak jarang ada yang tidak tau dengan cara menggunakan mesin fotocopynya sendiri yang mengharuskan Anda menggunakan nya sendiri.

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy

Cara menggunakan mesin fotocopy memang jika dilihat sekilas sangatlah mudah. Namun, apakah Anda pernah melihat tukang fotocopy memencet beberapa tombol yang sangat banyak itu dan juga terkadang membuka bagian mesin fotocopy karena macet? Tentu itu membutuhkan pemahaman yang lebih mengenai mesin fotocopy.

Mungkin tukang fotocopy tidak langsung sehari sangat mahir dalam mengoperasikan mesin fotocopy, mereka perlu waktu untuk bisa paham sepenuhnya dan belajar dari pengalamannya sendiri ataupun membaca artikel seperti ini.

Fungsi Tombol yang ada di Mesin Fotocopy

Diatas kita menyinggung tentang banyaknya tombol yang ada di mesin fotocopy, pada setiap mesin fotocopy memang memiliki berbagai tombol yang berbeda, katakanlah mesin fotocopy Canon yang sangat umum digunakan dan memang merupakan yang terbaik karena sudah diakui banyak orang dan setiap tukang fotocopy selalu menggunakannya.

Pada umumnya, terdapat beberapa tombol pada mesin fotocopy yang memiliki berbagai fungsi, diantaranya adalah:

Tombol ON/OFF

Tombol ini sudah pasti Anda tahu untuk apa. Ya, untuk menyalakan dan menghidupkan mesin fotocopy.

Tombol Option

Ketika Anda menekan tombol ini, maka dilayar mesin fotocopy akan muncul berbagai macam program serta berbagai fitur yang terdapat pada mesin fotocopy tersebut.

Tombol Clear

Ini berfungsi ketika Anda ingin menghapus program atau file yang sudah tidak terpakai setelah menggunakan mesin fotocopy atau bisa juga untuk kembali ke menu awal.

Tombol Reset

Ini adalah tombol yang berfungsi untuk mereset mesin fotocopy Anda sehingga settingannya kembali ke default.

Tombol Angka

Tombol ini berfungsi untuk mengetahui berapa jumlah kertas atau jumlah kopian yang sedang Anda butuhkan.

Paper Select

Ini berfungsi agar Anda bisa mengatur berapa ukuran kertas yang Anda butuhkan.

Tombol Check Counter

Tombol ini berfungsi untuk mengetahui sudah berapa banyak kertas yang Anda keluarkan dari mesin fotocopy.

Tombol ini berfungsi untuk mengetahui sudah berapa banyak kertas yang Anda keluarkan dari mesin fotocopy.

Tombol Stop

Tombol ini memiliki fungsi untuk melakukan stop ketika mesin fotocopy bekerja.

Arti Toner dan Fungsinya dalam Dunia Fotocopy

Mungkin Anda masih penasaran bagaimana bisa dengan cepat mesin fotocopy bekerja berbeda dengan printer? Tinta apa yang digunakan adalah hal yang seringkali diperdebatkan. Apakah sama dengan menggunakan tinta pada printer?

Mungkin ada beberapa mesin fotocopy yang menggunakannya. Namun, pada umumnya di mesin fotocopy seperti contohnya adalah mesin fotocopy Canon, kebanyakan menggunakan toner. Apa arti dari toner yang ada pada mesin fotocopy ini? Oke, kita akan bahas.

Jika Anda bertanya-tanya apakah toner sama sekali mirip dengan tinta, jawaban singkatnya adalah bahwa mereka terpisah beberapa tahun cahaya.

Sementara printer inkjet bergantung pada media cair dengan zat pewarna tambahan, printer laser bekerja dengan memproyeksikan muatan elektrostatik unik terhadap drum pencetakan.

Ini pada dasarnya bagaimana printer Anda menentukan apa pun yang dicetaknya dengan setiap pekerjaan, apakah itu teks atau gambar sederhana.

Bagaimana Cara Kerja Toner Pada Mesin Fotocopy

Toner biasanya disimpan dalam satu kartrid, toner printer adalah media cetak berbasis bubuk yang terbuat dari plastik butiran yang memungkinkan akurasi dan kontrol yang lebih baik.

Bubuk toner dikumpulkan dan kemudian ditransfer ke kertas oleh drum cetak yang diisi. Sebagai langkah terakhir, kertas dipanaskan untuk melelehkan partikel toner dan membantu memastikan cetakan Anda terpasang dengan benar.

Muatan elektrostatik drum dicetak oleh laser, maka istilah “printer laser.” Sementara pencetakan laser sebagian besar melibatkan cetakan hitam-putih, Anda dapat menemukan opsi warna dengan konfigurasi empat kartrid yang disebutkan di atas.

Cara Isi Toner Canon IRA 4051

Menggunakan Mesin Fotocopy

Sekarang saatnya untuk membahas bagaimana cara menggunakan mesin fotocopy. Sebenarnya caranya cukuplah mudah ketika Anda sudah mengerti beragam tombol yang ada pada mesin fotocopy dan juga telah mempelajari petunjuk atau manual pengguna yang terdapat sepaket pada pembelian mesin fotocopy.

Jika masih bingung, berikut cara yang sangat mudah untuk menggunakan mesin fotocopy.

Nyalakan Unit Mesin Fotocopy

Hal pertama yang sudah pasti Anda lakukan adalah menyalakan unit mesin fotocopy. Pastikan terlebih dahulu mesin fotocopy sudah panas baru melakukan langkah selanjutnya.

Periksa Kaca Mesin Fotocopy

Angkat feeder, dan periksa kaca untuk memastikan tidak ada kotoran, bekas, atau benda lain yang tertinggal di atas kaca.

Atur Posisi Media

Halo pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur posisi media. Tempatkan satu lembar (asli) atau item yang ingin Anda salin menghadap ke bawah pada kaca pada posisi yang benar (baca dan ikuti panduannya). Jika sudah, tutup feedernya kembali.

Atur Ukuran Kertas

Ukuran kertas juga harus diperhatikan, Anda bisa mengatur ukuran kertas yang Anda inginkan dengan cara masuk ke menu paper select dan pilih ukuran kertas yang Anda butuhkan.

Pilih Berapa Lembar yang Akan di Copy

Selanjutnya, pilih berapa lembar yang ingin Anda copy dengan cara menekan tombol angka yang ada pada mesin fotocopy.

Jika sudah, tinggal klik copy. Jika mungkin terasa terlalu banyak atau ada kesalahan, tinggal tekan tombol stop.

Apa Itu ADF

Perlu diketahui, di beberapa mesin fotocopy terdapat tombol ADF. ADF adalah fitur hebat yang harus dimiliki jika digunakan dengan benar.

Ini memberi Anda kemampuan untuk memasukkan beberapa halaman ke dalam printer multifungsi, pemindai atau mesin fotocopy memungkinkan Anda mencetak, menyalin atau memindai beberapa halaman sekaligus tanpa harus memasukkan setiap lembar kertas secara manual.

Cara Menggunakan Mesin Fotocopy Bolak Balik

Sebagai tambahan saja, ada cara khusus untuk bisa melakukan fotocopy bolak balik pada kertas, caranya cukup mudah:

  1. Letakkan dokumen yang akan digandakan di sebelah kiri atas kaca mesin fotocopy.
  2. Pilih paper select kertas A4 dan klik menu Two Sided Mode.
  3. Berikutnya, klik 1-2 Sided.
  4. Tekan Image Repeat, maka akan timbul opsi kolom Y dan X. Apabila Anda berharap sepuluh fotocopy , maka pada kolom Y isikan angka lima dan pada kolom X isikan angka dua. Apabila berharap delapan copy, isikan angka empat pada kolom Y dan angka dua pada kolom X.
  5. Tutup ADF dan klik Start.
  6. Berikutnya, akan timbul dialog opsi kertas dan Anda cuma perlu menekan Start lagi.
  7. Balik benda yang berharap digandakan paralel dengan jarum jam, lalu tekan Start lagi.
  8. Apabila sudah selesai, klik Done dan potong hasil penggandaan.

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Windows Via Kabel LAN

Banyak yang masih belum tahu jika sebenarnya kita bisa menghubungkan mesin fotocopy ke Windows dengan menggunakan kabel LAN.

Sebagai informasi tambahan saja, mungkin Anda memiliki rental mesin fotocopy dan juga rental komputer bisa juga memanfaatkan mesin fotocopy sebagai printer yang murah dan juga dengan waktu pengerjaan yang sangat cepat jika ingin mencetak warna hitam putih saja. Mesin fotocopy Canon sangat bisa untuk hal ini.

Berikut ini cara menggunakan mesin fotocopy sebagai printer:

Alat-alat yang Dibutuhkan Menjadikan Mesin Fotocopy Sebagai Printer

  1. Router
  2. Kabel LAN/UTP
  3. Software fotocopy
  4. Mesin fotocopy Canon

Cara Print Dokumen dari Komputer ke Mesin Fotocopy

Berikut ini adalah cara print dokumen dari komputer ke mesin fotocopy dengan mudah:

Setting Mesin Fotocopy

Pertama yang harus dilakukan adalah penyetelan di sisi mesin fotocopy. Penyetelan di mesin fotocopy adalah untuk mensetting IP address, Subnet mask dan DNS kita sesuaikan dengan jaringan yang ada di ruangan kantor tersebut, sebelum melangkah ke mesin fotocopy, Anda check dahulu detail jaringan yang ada di komputer yang nantinya akan kita isikan ke mesin. Caranya ikuti gambar berikut:

Cara Menghubungkan Mesin Fotocopy ke Windows Via Kabel LAN
  1. Klik Open Network and sharing center -> wireless network connection-> Klik Detail kemudian catat getway, DNS dan Subnet mask serta sekunder DNS (apabila ada). Setelah dicatat, kita ke mesin fotocopynya
  2. Klik additional function -> klik System Setting -> klik  Network Setting -> IP Address, isikan gateway ,DNS yang Anda catat tadi dan isikan IP address nya tapi jangan sama dengan IP Address yang ada di komputer
Setting Connect Mesin Fotocopy ke Windows Via Kabel LAN
  1. Setelah IP Addres dan DNS serta Gateway Anda masukkan seperti pada gambar diatas, saatnya kita PING IP address dan Gateway nya, gunanya adalah untuk mengenal apakah nomor IP yang Anda masukkan dapat diterima oleh Jaringan dan juga apakah Gatewaynya sudah di tanggapi oleh Host
Setting Komputer untuk Fotocopy

Masukkan nomor gateway pada kolom “a” sampai keluar tulisan “Respon From the Host” seperti kolom “b” itu berarti mesin fotocopy telah masuk ke jaringan.

  1. Setelah itu masukkan Ip address yang tadi kita masukkan di awal, masukkan di kolom “a”, kemudian klik START, sampai keluar tulisan “Respon from the host” seperti kolom “b”. sekiranya timbul tulisan “not response from host”, coba ganti IP addres dan kemudian masukkan lagi sampai keluar tulisan “respon from host”.

Masalah IP address pada umumnya terjadi karena nomor IP telah diaplikasikan oleh perangkat lain, jadi Anda mesti merubah IP address mesin

Setting Komputer

Setelah seluruh setting di mesin fotocopy sudah selesai dan seluruh nomor sudah Reaksi from host, berarti mesin anda sudah masuk ke jaringan dan nomor IP address juga sudah bisa dideteksi oleh perangkat lain, maka untuk langkah terakhir adalah INSTALL software di komputer yang berharap anda Install.

  1. Klik Device and printer -> Add Printer -> Pilih add a network, wireless or bluetooth Printer

Maka, system akan mencari IP Addres dari mesin fotocopy tersebut.

  1. Pilih Have a disk dan cari lokasi dimana software Anda simpan, kemudian install maka selesai disini setting di komputer, Anda sudah bisa untuk menjadikan mesin fotocopy sebagai printer.

Sangat mudah bukan? Dengan artikel ini, Anda bisa memahami lebih jauh tentang bagaimana cara menggunakan mesin fotocopy serta Anda tahu juga bagaimana cara menggunakan mesin fotocopy sebagai printer yang mudah dan juga dengan cara yang cepat.

Jika anda sudah mengetahui cara menggunakan mesin fotocopy, anda pasti ingin tau produk mesin fotocopy canon apa saja yang cocok untuk anda? Jangan khawatir Citra Kencana Abadi memiliki harga mesin fotocopy canon terbaik dengan anda lihat disini https://www.citrakencanaabadi.co.id/mesin-fotokopi-canon-brand-new/ .

Dan untuk memilih paket usaha fotocopy anda bisa lihat link yang akan saya berikan untuk paket usaha fotocopy.