Posted on

Seperti Inilah Cara Ngeprint Dari HP Ke Mesin Fotocopy

Fungsi menarik mesin fotokopi keluaran terbaru adalah bisa mencetak file dokumen langsung dari smartphone alias HP. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna, apalagi cara ngeprint dari HP ke mesin fotocopy mudah diikuti. Kecanggihan teknologi ini tentunya membuat pengalaman print dokumen semakin cepat dan mudah.

Baik untuk usaha warnet atau printing maupun sebagai peralatan kantor, sebagian besar fitur mesin fotokopi harus dikuasai agar penggunaannya lebih maksimal. Pertanyaannya, bagaimana mengoperasikan fitur mencetak dokumen dari HP ini? Semuanya akan dijelaskan selengkapnya dalam artikel ini.

Bagaimana Cara Ngeprint dari HP ke Mesin Fotocopy dengan Mudah?

HP yang awalnya berperan sebagai alat komunikasi kini berkembang dan memiliki fungsi yang beragam. Salah satu fungsinya adalah membuat dan mengedit dokumen melalui aplikasi tertentu. Fungsi ini semakin canggih lantaran aplikasi atau HP yang digunakan ternyata memiliki fitur print.

Baca Juga: 3 Cara Fotocopy Bolak Balik dengan Mudah

Menariknya, Anda tidak memerlukan kabel USB atau OTG untuk menyambungkan HP ke mesin fotokopi. Metode penyambungannya cukup dilakukan dengan mengatur alamat IP pada mesin fotokopi. Meski sedikit rumit, setidaknya Anda tidak perlu direpotkan dengan kehadiran kabel atau menyalakan komputer dan menunggunya hingga siap digunakan. Apalagi bagi pengusaha warnet, antrian jasa print yang penuh dapat dikurangi lewat cara canggih ini.

Ingin belajar cara mencetak dokumen dari HP menggunakan mesin fotokopi? Ikuti beberapa langkah di bawah ini.

1. Pasang Pengaturan di Mesin Fotokopi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur alamat IP (IP address) di mesin fotokopi menggunakan pengaturan TCP/IP. Beginilah cara mengaturnya:

  • Tekan tombol bintang (*) yang terletak di bawah tanda tanya pada mesin fotokopi. Kemudian muncul pengaturan di monitor mesinnya.
  • Pilih ‘System Settings’, kemudian pilih ‘Network Settings’.
  • Pilih ‘TCP/IP Settings’ -> IPv4 Settings -> IP Address Settings
  • Masukkan alamat IP, subnet mask, dan getaway address sesuai pengaturan mesin fotokopinya masing-masing. Contohnya:
    • Subnet Mask: 255.255.255.0 
    • Alamat IP mesin: 192.168.1.5 
    • Alamat IP Gateway: 192.168.1.1
    • Tekan berkali-kali hingga muncul pesan ‘Ready to Copy’ pada monitor.

Baca Juga: Panduan Dasar 7 Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy yang Lengkap

2. Lakukan Pengaturan di HP

Sejauh ini, HP yang dapat digunakan untuk mencetak dokumen ke mesin fotokopi hanya berjenis Android. Bagi pebisnis fotokopi, Anda bisa menyediakan satu HP Android yang memiliki spesifikasi bagus dan berkapasitas besar untuk dihubungkan ke mesin fotokopi. Pelanggan yang tidak menggunakan smartphone Android dapat mengirimkan file-nya terlebih dulu ke HP Anda, baru kemudian dicetak menggunakan mesin fotokopi.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mulai mencetak dokumen menggunakan mesin fotokopi.

  • Download Aplikasi Printer

Pertama, Anda harus download aplikasi printer dulu di HP Android untuk menyambungkannya ke mesin fotokopi. Ada banyak pilihan aplikasi yang tersedia dan semuanya dapat diunduh secara gratis lewat toko aplikasi Play Store. 

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Canon Print Business. Aplikasi ini dapat dihubungkan ke semua mesin fotokopi atau printer yang tersedia di Indonesia.

  • Sambungkan HP ke WiFi

Baik printer maupun mesin fotokopi, keduanya sama-sama memanfaatkan teknologi WiFi untuk menghubungkan HP. Pastikan router WiFi yang digunakan hidup, kemudian sambungkan HP ke WiFi tersebut.

Opsi koneksi lainnya yang dapat diandalkan apabila tidak ada WiFi adalah menggunakan kabel USB perangkat bluetooth. Cara ini lebih praktis, hubungkan saja mesin fotokopi dan HP menggunakan kabel USB tersebut.

  • Pilih Mesin Fotokopi

Setelah HP tersambung ke WiFi yang akan digunakan, buka aplikasi Canon Print Business. Pilih menu ‘Printer Select’ yang terletak di kanan bawah. Klik ‘Nearby WiFi’, kemudian aplikasi akan memindai mesin fotokopi Anda hingga terdeteksi.

Jika sudah terdeteksi, muncul nama mesin fotokopi yang akan disambungkan di layar. Klik mesin tersebut hingga muncul pesan ‘User Action Required’. Langsung klik ‘Generic’, kemudian klik ‘Yes’ agar driver-nya ter-download

Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan ‘Congratulations! Your printer is ready’ yang menandakan HP sudah tersambung ke mesin fotokopi.

  • Mulai Mencetak Dokumen

Untuk mencetak dokumen, Anda perlu mengetahui lokasi file yang akan di-print, baik di kartu memori atau perangkat telepon. Agar lebih mudah, Anda bisa langsung membuka aplikasi dokumen, kemudian pilih file yang ingin dicetak.

Jika muncul pemberitahuan yang mengharuskan untuk download preview dokumen, langsung klik dan tunggu hingga prosesnya selesai. Kemudian, muncul ‘Print Review’ yang menampilkan pratinjau file saat dicetak. Anda dapat mengatur ukuran kertas, jumlah halaman, dan pengaturan lainnya terkait print dokumen. Masukkan saja pengaturannya sesuai kebutuhan Anda.

Baca Juga: Cara Setting Kertas F4 Di Mesin Fotocopy dan Beragam Ukuran Kertas Lainnya

Apabila pengaturannya sudah yakin, langsung klik ‘Print’. Proses print pun dimulai dan tunggu hingga hasilnya selesai.

Panduan di atas memang terlihat rumit, apalagi saat dilakukan untuk pertama kalinya. Anda harus mengetahui alamat IP printer yang akan digunakan serta melakukan pengaturan pada HP-nya terlebih dulu. Pastikan pengaturan tersebut telah diatur lebih awal sebelum menyambut pelanggan, sehingga Anda tidak panik saat menerima pesanan print dari HP.

Fitur canggih ini tersedia pada mesin fotokopi keluaran terbaru yang ada di CV. Citra Kencana Abadi. Agar sesuai aplikasi printer yang digunakan, kami menyarankan Anda untuk menggunakan mesin fotokopi Canon terbaru. Model mesin fotokopinya beragam dan dilengkapi spesifikasi yang canggih untuk keperluan bisnis atau perkantoran Anda. Dapatkan harga diskon saat pembelian produk mesin fotokopi ini hanya dengan menghubungi tim CV. Citra Kencana Abadi.

Semoga cara ngeprint dari HP ke mesin fotocopy di atas bermanfaat dan mudah diikuti.