Posted on

4 Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Error

Bagaimana cara mengatasi mesin fotocopy error? Mungkin informasi ini akan sangat Anda butuhkan untuk bisa memperlancar pekerjaan. Siapa yang tidak kesal jika harus menghadapi pesan “error” ketika harus menggandakan dokumen dengan cepat. Membuat Anda tidak bisa memanfaatkan fungsi fotocopy pada mesin. Lantas langkah apa yang harus Anda ambil ketika mengalami masalah seperti ini? Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan jika masalah ini terjadi pada Anda. Mari kita pelajari secara saksama.

Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Fotocopy Error Dengan Mudah?

Mesin fotocopy akan sangat sulit dipisahkan dalam kehidupan perkantoran, pelajar, bahkan kehidupan sehari-hari. Selain berfungsi untuk menyalin dokumen, mesin yang satu ini kini juga sudah dilengkapi berbagai fitur lainnya yang benar-benar berguna. Mulai dari kemampuan mencetak dokumen digital, menyalin dokumen berwarna, hingga menyalin dokumen yang ada di internet melalui jaringan nirkabel. 

Namun, masalah tentu saja tidak bisa dihindari. Mesin fotocopy bisa mengalami error yang membuatnya tidak dapat berfungsi. Error ini bisa terjadi karena berbagai macam hal sehingga akan sulit jika Anda tidak memahami langkah apa yang harus diambil jika ada masalah pada mesin fotocopy.

Maintenance mesin fotocopy sebaiknya ditangani profesional. Komponen-komponen yang rumit di dalam mesin akan bisa membuat Anda kesulitan jika harus memperbaikinya sendiri. Namun, ada beberapa jenis error yang bisa Anda atasi sendiri melalui beberapa cara. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut ini.

1. Perhatikan Kode Error yang Tertera di Mesin

Ketika terjadi suatu error, mesin tidak akan membiarkan Anda bingung untuk mengambil langkah selanjutnya. Beberapa merek mesin fotocopy akan memberitahukan kerusakan atau kesalahan yang terjadi dalam bentuk kode. Anda harus bisa membaca kode ini dan menemukan solusinya pada manual pengguna. Baca dengan cermat dan perhatikan langkah apa yang harus diambil. Jangan sampai Anda salah karena bisa memperparah kerusakan yang sudah terjadi.

Untuk contoh kodenya, kita akan ambil beberapa kode dari mesin fotocopy Canon. Kode berikut ini akan muncul jika mesin menghadapi masalah tertentu. Beberapa kode error yang akan umum dijumpai pada mesin fotocopy merek ini adalah:

  • #009

Kode akan muncul ketika ada masalah pada jumlah dan posisi kertas di dalam mesin. Kode ini akan muncul jika kertas habis atau jika posisi kertas yang dimasukkan ke mesin kurang pas. Untuk mengatasinya, isi mesin dengan kertas baru atau perbaiki posisi kertas di dalam mesin fotocopy.

  • #860

Kode ini akan muncul saat ada kertas yang tersangkut ketika proses penyalinan berlangsung. Error ini juga akan muncul ketika Anda menyalin lembar kertas transparan yang tidak bisa terbaca oleh mesin. Keluarkan kertas yang tersangkut dan lalu ulangi proses penyalinan dokumen. Jika masalah ini muncul akibat penggunaan kertas transparan, maka segera ganti kertas di mesin dengan kertas transparan khusus untuk mesin Canon.

  • #401

Kode ini akan muncul ketika Anda tidak menggunakan ukuran kertas yang pas sehingga ruang pada kertas tidak mencukupi untuk menyalin dokumen. Saat proses penyalinan berlangsung, mesin akan berhenti bekerja karena tidak ada ruang yang tersisa untuk mencetak dokumen. Pastikan Anda menyamakan format kertas pada dokumen yang akan dicetak.

Baca Juga: Cara Setting Kertas di Mesin Fotocopy

2. Atur Ulang Mesin Fotocopy

Salah satu solusi paling klasik untuk bisa memperbaiki masalah error pada mesin fotocopy adalah dengan melakukan restart. Terkadang kode yang dimunculkan mesin fotocopy bukanlah error yang sebenarnya terjadi. Dengan melakukan hal ini, mesin akan bisa me-reset kondisinya sehingga bisa digunakan kembali. Cara untuk melakukan restart atau mengatur ulang kembali mesin fotocopy adalah:

  1. Matikan mesin dengan menekan kedua sakelar.
  2. Mulai dengan mematikan sakelar Sub pada Panel Kontrol.
  3. Tunggu hingga lampu tombol Mulai mati, kemudian lanjut mematikan sakelar Utama.
  4. Tunggu kurang lebih 20 detik kemudian hidupkan sakelar utama, dan kemudian sakelar Sub.
  5. Perhatikan apakah masih ada error yang terjadi.

JIka cara ini berhasil, maka mesin fotocopy bisa Anda gunakan kembali untuk menggandakan dokumen yang diperlukan.

Baca Juga: Panduan Dasar 7 Cara Mengoperasikan Mesin Fotocopy yang Lengkap

3. Melakukan Reset Error/Clean Error

Cara yang satu ini bisa Anda terapkan jika mesin mengalami error ringan. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke dalam Service Mode untuk memperbaiki masalah error ringan tersebut. Namun cara ini hanya bisa bekerja pada mesin fotocopy Canon tipe IR. Langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  • Buka menu Service Mode
  • Tekan Copier, kemudian Function
  • Setelah itu Anda bisa tekan Clear.
  • Dilanjutkan dengan menekan ERR
  • Tekan OK.
  • Setelah itu, matikan mesin fotocopy menggunakan sakelar ON/OFF.
  • Kemudian tunggu beberapa saat sebelum menghidupkan kembali mesin fotocopy.

4. Serahkan Pada Teknisi Mesin Fotocopy

Jika error yang terjadi berkaitan erat dengan komponen dari mesin, maka ada baiknya Anda tidak mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Keahlian menangani mesin fotocopy akan sangat dibutuhkan jika harus berurusan dengan komponen-komponen di dalam mesin. Biarkan ahlinya yang menangani agar tidak terjadi masalah yang baru di kemudian hari.

Nah itulah beberapa cara mengatasi mesin fotocopy error yang akan bisa mempermudah hidup Anda. Semoga hal ini bisa membantu. Jika Anda sedang mencari mesin fotocopy untuk kantor ataupun usaha fotocopy, maka CV. Citra Kencana Abadi adalah salah satu distributor resmi mesin fotocopy Canon tepercaya yang bisa membantu Anda. Temukan informasi mengenai produk dan hal menarik lainnya di website kemi. Tunggu apalagi, cek sekarang juga!